--> MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PENDIDIKAN | Lowongan Kerja Terbaru 2021

Kumpulan informasi Lowongan Pekerjaan Terbaru 2021

Senin, 26 Oktober 2015

MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PENDIDIKAN

| Senin, 26 Oktober 2015

MEDIA PEMBELAJARAN ELEKTRONIKA ANALOG BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK PENDIDIKAN

Oleh : Eko Riyanto
Program Studi Teknik Informatika
STMIK HIMSYA Semarang
Email : ekoriyanto89@gmail.com

Abstract


Sekarang teknologi semakin maju dan berkembang pesat khususnya di dunia pendidikan kemajuan teknologi mempermudah dalam menyampaikan materi kepada peserta didik dan diperlukan suatu media pembelajaran berbasis multimedia.
Metode penyampaian materi mata kuliah Elektronika Analog yang diterapkan saat ini masih menggunakan metode ceramah dan demonstrasi serta penugasan terstruktur masih kurang , dengan pembelajaran multimedia diharapkan lebih mudah dalam menyerap informasi secara cepat dan efisien.Permasalahanya bagaiamana mewujudkan dan kelayakan suatu program animasi untuk pembelajaran Elektronika Analog”
Data dikumpulkan dengan teknik angket baik tertutup maupun terbuka. Media elektronik ini diujicobakan pada responden pakar media, mahasiswa, dan dosen yang berkompeten di bidang media pembelajaran. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif prosentase.
Menurut hasil penelitian dari seluruh responden media pempelajaran elektronik pada mata kuliah elektronika analog ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Dari hasi penelitian uji coba kepada 25 menunjukkan bahwa program animasi untuk pembelajaran elektronika analog ini mempunyai prosentase 76,95% yang termasuk dalam kategori baik. Sedangkan 2 responden dari pakar media bahwa program ini dari kriteria tampilan 73,2% dalam kategori cukup baik, dari kriteria teknik 83,33% dalam kategori baik. Dan 2 responden dari dosen yang berkompeten dalam media pembelajaran mempunyai prosentase 75,33%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa menurut pakar media, mahasiswa dan dosen, media yang dihasilkan cukup baik. Namun, masih ada kekurangan seperti intro yang lama, font yang belum rapi, kurang menonjolnya animasi dan belum ada menu help. Untuk mengatasi kekurangan tersebut maka intro dipercepat, font dibuat rapi, penambahan animasi dan pembauatan menu help. Untuk langkah selanjutnya program ini masih perlu dikembangkan lagi.

Keyword : media, pembelajaran, elektronik, elektronika analog

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar